KEBIJAKAN THR DAN GAJI 13 TAHUN ANGGARAN 2022

Kebijakan Pemerintah Pusat dalam menentukan pembayaran THR dan Gaji ke-13 untuk ASN telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam siaran persnya pada tanggal 15 April 2022 silam. Dalam siaran tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan besaran THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2022 sebesar gaji pokok dengan tunjangan melekatnya ditambah dengan 50% dari tunjangan kinerja bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Presiden Joko Widodo

Kebijakan Pemerintah Pusat dalam menentukan pembayaran THR dan Gaji ke-13 untuk ASN telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam siaran persnya pada tanggal 15 April 2022 silam. Dalam siaran tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan besaran THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2022 sebesar gaji pokok dengan tunjangan melekatnya ditambah dengan 50% dari tunjangan kinerja bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Berbeda dengan kebijakan tahun sebelumnya yang hanya membayarkan gaji dan tunjangan yang melekat saja. Hal tersebut, seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh ASN baik pada pemerintah pusat maupun daerah dalam upayanya menangani covid-19.

Kebijakan THR dan Gaji ke-13 tersebut tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Sipil Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022. Sebagai pelaksanaan dari PP tersebut, Menteri Dalam Negeri menerbitkan Surat Edaran Nomor 900/2069/SJ tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas yang Bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2022.

Pemberian THR dan Gaji ketiga belas diberikan kepada PNS dan CPNS, PPPK, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pimpinan BLUD dan pegawai non-pegawai ASN yang bertugas pada instansi daerah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD. Adapun besarannya terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan/umum, dan tambahan pernghasilan paling banyak 50% bagi instansi daerah yang memberikan tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah.

Pembayaran untuk THR dilaksanakan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal hari raya dengan besaran yang didasarkan pada komponen penghasilan yang dibayarkan di bulan April Tahun 2022. Sementara itu gaji ketiga belas dibayarkan paling cepat pada bulan Juli Tahun 2022 dengan besaran yang didasarkan pada komponen penghasilan yang dibayarkan di bulan Juni Tahun 2022.

Kebijakan pemberian THR di Kabupaten Kuningan akan segera diproses dalam waktu dekat seperti yang diinstruksikan Kepala BPKAD Kabupaten Kuningan, Dr. A. Taufik Rohman, M.Si., M.Pd dalam kegiatan briefing pejabat struktural agar segera mengambil langkah dengan melakukan proses pencairan THR kepada seluruh ASN di Kabupaten Kuningan dengan besaran yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yaitu sebesar gaji dan tunjangan yang melekat beserta 50% tambahan penghasilan PNS. (MT)

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin

AGENDA
LINK TERKAIT